Senin, 21 Oktober 2013

Tugas Kedua : "SELAMATKAN KEPUNAHAN ORANG UTAN"



SELAMATKAN KEPUNAHAN ORANG UTAN

Meskipun sudah ditetapkan sebagai satwa langka yang dilindungi menurut Undang-undang No.5 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistem pada tahun 1990, populasi Orang utan semakin menurun saja jumlahnya. Wajah mereka yang lucu dan tingkahnya yang unik, menjadi salah satu alasan mamalia ini terus diburu. Padahal keberadaan mereka bisa bermanfaat bagi keseimbangan hutan kita. Jadi, apakah kita tega membiarkan satwa langka ini punah?
Orang utan merupakan golongan kera besar yang hanya terdapat di Asia dan terbagi kedalam 2 spesies, yaitu Orang Utan Sumatra (Pongo abelii) dan Orang Utan Kalimantan (Pongo pygmaeus). Keduanya kini berada pada status hewan yang dilindungi karena jumlahnya yang semakin langka. Menurut data PanEco Foundation, orang utan Kalimantan tersisa sekitar 40.000 ekor, sementara orang utan Sumatera yang berstatus critically endangered jumlahnya Cuma 6600 ekor. Orang utan hidup diatas pohon dan jarang sekali turun ke tanah bahkan ketika sedang memakan buah, makanan utama mereka. Mereka sangat incah bergelantungan dari satu pohon ke pohon lain. Keberadaan orang utan juga dapat membantu menjaga keseimbangan ekosistem hutan, karena biji buah yang mereka makan dipohon menyebar kemana-mana sehingga membantu proses regenerasi tumbuhan.
Demi kepentingan pribadi, manusia kerap kali menghancurkan habitat mereka dengan sangat cepat, bahkan tega membunuhnya. Orang utan sering kali terancam kehidupannya karena adanya penebangan hutan dan perdagangan orang utan secara illegal, khusunya bayi orang utan.
Seharusnya manusia melestarikan keberadaan hewan langka ini, bukan malah memperkecil habitatnya. Beberapa cara sederhana dan efektif yang bisa dilakukan agar hewan langka ini tidak punah, yaitu dengan cara : menyebarkan informasi tentang orang utan seluas-luasnya kepada orang lain dan melakukan donasi atau adopsi kepada lembaga-lembaga yang peduli akan keberadaan hewan langka ini.



Penulis : Muthia
Penerbit : Majalah GADIS Mingguan
Edisi : 08-18 April 2011



Nama :OETARI BUDHIYARTI
Kelas : 3 KA 30
NPM : 15111428

Tidak ada komentar:

Posting Komentar